Posted by : Hanograph Rabu, 30 Januari 2013


Foto hitam putih mempunyai daya pikat tersendiri. Tanpa adanya warna yang menghiasinya, foto hitam putih terlihat elegan dan dramatis.
Foto hitam putih juga memperlihatkan sisi keabadiannya dibandingkan foto berwarna. Itulah kenapa potographer wedding sering menyelipkan beberapa foto hitam putih kepada pelanggannya. Bagi anda yang ingin belajar foto hitam putih, ada beberapa tips yang harus diperhatikan :

  • Abaikan background yang terlalu banyak warna
Background yang memiliki beraneka warna kadang membuat pusing orang yang melihatnya, maka dari itu foto dengan background tersebut lebih enak dilihat ketika diganti dengan konsep hitam putih.
  • Ambilah foto dengan mode warna
Pengambilan foto warna menggunakan kamera akan menghasilkan jarak tone yang lebar karena dengan ini foto akan menghasilkan 3 warna yaitu Red, Green and Blue (RGB). Oleh karena itu foto dengan mode warna akan lebih baik kualitasnya ketika foto itu diolah menggunakan foto editor dikomputer.
  • Kembangkan kreatifitas melalui pola, tekstur, dan garis
Memotret dengan hitam putih akan lebih berkesan dan menarik ketika pola, tekstur, dan garis seirama dengan foto yang diambil. Untuk itulah kembangkan kreatifitas dengan melihat hal-hal tersebut, terus asah kepekaan penglihatan anda untuk menciptakan foto hitam putih yang berkesan.

  • Cahaya (Bayangan) dari samping adalah paling menarik dilihat
Selalu ada daya pikat tersendiri ketika foto hitam putih dilakukan dengan mengambil angle dari samping saat bayangan pada posisi miring (sidelighting). Itu akan terjadi diwaktu pagi dan sore hari so carilah waktu yang tepat untuk mendapatkan foto hitam putih yg lebih dramatis.

Photographer : Derry Prasetyo
Model            : Andri Oktiana dan Dwi Amarsyah


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Hanograph - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -