Posted by : Hanograph Senin, 04 Februari 2013

Foto bokeh adalah salah satu foto yang mempunyai daya citra tersendiri, banyak dikalangan pemuda yang tertarik untuk belajar fotographer hanya karena melihat foto bokeh. Ada beberapa cara untuk mendapatkan foto bokeh yang indah :
  • Ambilah foto saat malam tiba
Foto bokeh akan terlihat bagus ketika dilakukan saat malam tiba, bulatan-bulatan cahaya yang tercipta akan membuat foto anda lebih menarik dan berkesan.

  • Jauhkan background dengan objek
Hal yang harus diperhatikan dalam membuat foto bokeh adalah background. Background yang ada dalam objek harus jauh dari objek, tujuannya agar objek yang akan difoto terlihat manis dan lebih bokeh ketika background itu dijauhkan.


  • Gunakan Aperture yang terbesar
Saat anda ingin membuat foto bokeh, gunakanlah aperture yang terbesar (misal : f/3.5). Dengan bukaan aperture yang besar anda akan mendapatkan foto bokeh yang indah. Anda juga bisa menggunakan mode Aperture Priority dan mengubah f kedalam nilai terkecil (putar ring aperture berlawanan arah jarum jam).

  • Gunakan focal length terpanjang
Jika anda mempunyai focal length yang panjang, gunakanlah. Karena itu akan berfungsi untuk menjauhkan objek dengan backgroundnya. Contoh, saat anda membawa lensa 200mm dan 300mm, maka pakailah lensa yang terpanjang yaitu lensa 300mm. Itu akan membuat foto anda makin bokeh.

  • Gunakan lensa prime (fix lens)
Jika anda mempunyai lensa prime, maka ada baiknya digunakan saat anda ingin membuat foto menjadi bokeh. Lensa prime atau prime lens atau fixed lens, adalah lensa yang memiliki focal length tunggal alias lensa yang tidak bisa di-zoom. Lensa prime biasanya menghasilkan foto bokeh yang sangat bagus karena memilki bukaan aperture yang sangat besar, tipikal lensa prme adalah 50mm f/1.4, 85mm f/1.4 atau varian murahnya 50mm f/1.8 dan 85mm f/1.8.


Photographer : Derry Prasetyo

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Hanograph - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -